Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, dan Syarat Kalimat Efektif

Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, dan Syarat Kalimat Efektif

Programforpositiveaging – Pada hari ini kita akan membahas lengkap seputar kalimat efektif, dari mulai pengertian, struktur, ciri-ciri, dan syarat kalimat efektif. Materi tentang kalimat efektif ini sering keluar di dalam pelajaran Bahasa Indonesia, baik itu soal ulangan, ujian, dan soal SBMPTN. Jadi, penting sekali untuk kamu mempelajari kalimat efektif.

Kalimat efektif berguna agar ketika membuat sebuah kalimat tidak terbelit belit dan langsung kepada tujuan atau maksud dari kalimat yang ingin disampaikan. Sehingga yang membaca menjadi nyaman dan paham maksud dari kalimat yang ingin disampaikan. Nah, untuk itu berikut ini adalah penjelasan lengkap seputar pengertian, struktur, ciri-ciri, dan syarat kalimat efektif.

Pengertian Kalimat Efektif

Kalimat efektif adalah kalimat yang disusun sesuai kaidah yang belaku. Dalam pembentukan kalimat harus menggunakan, subjek, predikat, dan diksi yang tepat. Dan juga harus mengikuti aturan atau kaidah dari ejaan yang disempurnakan.

Syarat Kalimat Efektif

Setelah kamu tahu pengertian kalimat efektif, selanjutnya kamu juga harus tahu syarat syarat kalimat efektif. Ada 4 syarat yang harus dipenuhi untuk menentukan apakah kalimat tersebut efektif atau tidak. Syaratnya yaitu:

1. Sesuai Ejaan Yang Disempurnakan

Kalimat yang efektif harus mengikuti kaidah dari EYD, yang harus diperhatikan adalah penggunaan kata baku, ejaan yang tepat, dan tanda baca yang digunakan.

2. Mempunyai Subjek dan Predikat

Kalimat yang baik adalah kalimat yang mempunyai susunan yang sistematis. Susunan sistematis yang dimaksud adalah, adanya subjek, predikat, dan objek atau keterangan. Nah, dari subjek, predikat, dan objek atau keterangan tersebut harus disusun agar pembaca tidak pusing maksud dari kalimat yang ingin disampaikan.

3. Tidak Bertele Tele

Sesuai dengan namanya, kalimat efektif tidak boleh menjelaskan secara bertele tele dan membuang banyak kata, karena jika kalimat tersebut terlalu boros kata, maka tidak termasuk ke dalam kalimat efektif. Untuk itu, kamu harus teliti memperhatikan kata kata yang digunakan untuk membuat susunan kalimat yang efektif.

4. Tidak Multitafsir

Syarat terakhir dari kalimat efektif adalah pembaca dapat mengartikan kalimat yang disampaikan dengan baik, sehingga tidak ambigu atau kesulitan mengartikan maksud dari sebuah kalimat.

Kesimpulannya adalah, sebuah kalimat dapat dikatakan kalimat efektif apabila menggunakan kaidah ejaan yang disempurnakan, mempunyai subjek dan predikat, tidak bertele tele, dan tidak ambigu atau multitafsir.

Struktur Kalimat Efektif

Selanjutnya kamu juga harus paham struktur dari kalimat efektif, seperti berikut ini.

1. Struktur Kalimat Efektif Umum

Kalimat efektif umum mempunyai 2 unsur yang berbeda, yaitu unsur wajib dan unsur tidak wajib. Unsur wajib adalah adanya subjek dan predikat karena itu merupakan syarat dari sebuah kalimat efektif. Sedangkan unsur tidak wajib adalah unsur yang boleh ada dan boleh tidak ada di dalam kalimat efektif, contohnya adalah kata kerja bantu.

2. Struktur Kalimat Efektif Paralel

Adalah bentuk bahasa yang digunakan bersamaan di dalam sebuah susunan serial.

3. Struktur Kalimat Periodik

Fungsi dari struktur kalimat periodik adalah sebagai bahan yang menarik perhatian pembaca, ini termasuk ke dalam struktur atau unsur tambahan di dalam kalimat efektif.

Ciri-Ciri Kalimat Efektif

Ada 2 ciri-ciri yang menandakan sebuah kalimat merupakan kalimat yang efektif, yaitu:

1. Menggunakan Aturan EYD

Seperti yang sudah dijelaskan, kalimat efektif harus mengikuti kaidah EYD. Seperti adanya subjek, predikat, dan objek atau keterangan.

2. Menggunakan Diksi Yang Tepat

Pengunaan diksi harus disesuaikan dengan tema dari kalimat yang ingin disampaikan, agar pembaca tidak bingung maksud dari kalimat yang disampaikan.

Itu dia penjelasan hari ini dari Situs Poker Online Terpercaya tentang pengertian, struktur, ciri-ciri, dan syarat kalimat efektif.