Cara Mengeluarkan Dahak

Cara Mengeluarkan Dahak

Programforpositiveaging –¬†Saat Anda sedang sakit batuk, radang tenggorokan, dan flu, seringkali disertai dengan hadirnya cairan kental yang menyumbat tenggorokan. Cairan atau dahak ini bisa menjadi sangat kental sehingga Anda akan kesulitan untuk mengeluarkannya.

Namun, jangan langsung minum obat dulu karena Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan bahan alami yang ada di rumah. Bahan-bahan alami untuk mengeluarkan dahak diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Minum Air Putih Hangat

Untuk dahak yang membandel, Anda bisa mengeluarkannya dengan cara minum air putih yang hangat. Selain itu, Anda juga bisa minum air lemon, jus buah hangat, atau makanan berkuah seperti sup. Namun, hindari jenis sup yang mengandung banyak bumbu.

2. Kumur Air Garam

Untuk meredakan radang tenggorokan sekaligus mengeluarkan dahak, Anda bisa menggunakan bahan alami yang selalu tersedia di dapur yaitu garam. Caranya adalah dengan mencampurkan 1/2 sendok teh garam dalam segelas air hangat. Anda bisa berkumur dengan larutan garam tersebut selama 30-60 detik. Ulangi kumur air garam ini 2-3 kali hingga Anda merasa lebih baik.

3. Minum Campuran Lemon dan Madu

Cara mengeluarkan dahak yang efektif berikutnya adalah dengan membuat minuman dari bahan madu dan lemon. Caranya, peras satu buah air lemon dalam satu cangkir yang berisi air hangat. Kemudian, tambahkan 1 sendok makan madu dan aduk hingga merata. Dengan minum larutan herbal ini membuat tenggorokan Anda terasa jauh lebih nyaman.

4. Gunakan Minyak Kayu Putih

Saat tenggorokan terasa sakit, umumnya Anda akan mengoleskan minyak kayu putih ke tenggorokan, punggung, dan sekitar dada. Cara ini akan memberikan sensasi hangat dan bisa membantu mengencerkan dahak yang membandel.

5. Hirup Uap Air Panas

Cara berikutnya untuk mengeluarkan lendir yang ada di tenggorokan adalah dengan menghirup uap air panas. Untuk melakukan hal ini, Anda harus menyiapkan baskom, air mendidih, dan handuk. Caranya adalah dengan menghirup uap air yang ada dalam baskom sambil menutupkan handuk di atas kepala. .

Handuk ini berfungsi untuk memaksimalkan uap air yang masuk ke lubang hidung. Namun, Anda harus hati-hati saat melakukannya agar wajah Anda tidak terkena air panas. Untuk memaksimalkan khasiatnya, Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam baskom tersebut.

6. Minum Teh dengan Jahe dan Kunyit

Cara mengeluarkan dahak dengan bahan alami lainnya bisa dengan menggunakan jahe dan kunyit yang dicampur ke dalam segelas teh hangat. Untuk menambah rasa agar lebih enak, Anda juga bisa menambahkan satu sendok makan madu.

7. Lembabkan Udara

Ruangan yang terasa kering bisa membuat tenggorokan semakin iritasi. Akibatnya, jumlah dahak akan semakin meningkat. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan humidifier atau alat pelembab udara. Alat ini bekerja dengan cara menyemprotkan uap air ke udara.

Aktifkan alat ini di ruangan selama seharian untuk menjaga kelembaban udara di sekitar Anda. Dengan kondisi udara yang lembab tersebut dahak akan menjadi lebih cair sehingga mudah untuk dikeluarkan. Namun, pastikan untuk selalu membersihkan dan mengganti air di alat humidifier tersebut.

8. Istirahat yang Cukup

Saat flu dan batuk yang disertai dengan dahak, Anda sebaiknya banyak beristirahat untuk memberi kesempatan pada tubuh untuk menangkal infeksi tersebut. Selain itu, hindari beraktivitas berat seperti olahraga, terutama saat siang hari.

Ada banyak sekali cara mengeluarkan dahak yang bisa Anda pilih agar tenggorokan terasa lebih lega. Mulai dari minum air hangat, teh campur kunyit dan jahe, hingga menggunakan humidifier untuk melembabkan udara di sekitar Anda. Dengan menerapkan cara-cara tersebut disertai dengan istirahat yang cukup bisa membuat dahak lebih mudah untuk dikeluarkan.